Langsung ke konten utama

Unggulan

apa yang di maksud dengan FIFO dan LIFO

Nama  :  Swieta NH 

Kelas   :  2ka22 

Npm    :  16118887

Dosen  :  Cicilia Erly Istia

Mata Kuliah :  Pengantar Akuntansi 2(forum M10)




FIFO

  First In, First Out

     Barang Yang Pertama Masuk, Barang yang Pertama Keluar. Sistem manajemen ini biasanya diterapkan pada barang-barang yang memiliki standart mutu dan kualitas berdasarkan waktu simpan. Semakin lama disimpan maka mutu barang tersebut akan menurun, sehingga barang yang masuk dalam toko pertama kali maka akan dijual terlebih dulu.
      Contoh barang dagangan yang menggunakan sistem FIFO antara lain telur, beras, bahan makanan. Cara mudah melihat sistem ini adalah sistem antrian customer servis, yang datang duluan akan dilayani terlebih dulu.

LIFO

  Last In, First Out

       Barang Yang Masuk Terakhir, Barang Yang Lebih Dahulu Keluar. Sistem manajemen ini biasanya digunakan untuk barang-barang yang dijual berdasarkan mode yang sedang tren, atau berdasarkan update teknologi terbaru. Barang yang terakhir masuk merupakan barang yang sedang diminati konsumen saat ini, dan akan popularitasnya akan meredup seiring berjalannya waktu. 
     Contoh pelaku usaha yang menggunakan metode ini adalah penjual baju. Mereka akan menjual baju yang sedang tren, tidak peduli itu kapan dimasukkan ke dalam stok. Jika model baju yang sedang tren baru dimasukkan, mereka bisa menjualnya terlebih dahulu karena minat dari pasar yang tinggi.
kesimpulan:
     Beberapa jenis usaha yang harus menggunakan metode fifo adalah Food n Beverage seperti Toko Makanan, Kue ataupun Minimarket. Produk-produk yang telah disebutkan di atas memiliki jangka waktu atau masa expired yang sangat pendek sehingga akan cepat basi bila tidak dijual secara cepat.Kelebihan dari penggunaan metode ini adalah menghasilkan HPP atau Harga Pokok Penjualan yang rendah tapi bisa memberikan hasil laba kotor yang tinggi. 
    dan jenis usaha yang menggunakan metode lifo adalah yang tidak memiliki masa waktu pada barangnya, dengan itu mereka bebas menjual barang sesuai  dengan minat pasar yang sedang tinggi,kemudian stok yang lain dapat di simpan dalam gudang dan menunggu dijual ketika tren kembali berubah di kemudian hari. Cara ini juga biasa digunakan untuk mendapatkan laba yang lebih besar dalam suatu tren yang sedang berkembang.
daftar pustaka:
https://www.sentrarak.com/contoh-sistem-fifo-lifo-avco-dan-fefo-dalam-flow-barang-dagangan/
https://www.paper.id/blog/product-content/beda-metode-fifo-lifo-fefo/

Komentar

Postingan Populer