Langsung ke konten utama

Unggulan



Kecerdasan Buatan Prediksi Gempa Susulan


nama/npm: swieta nh/16118887
kelas         : 2 ka 22
   

 Saat ini, para ilmuwan sedang mengembangkan sebuah sistem yang dapat memprediksi kapan dan di mana gempa susulan akan terjadi. Mereka menggunakan aplikasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mewujudkannya.

Mengetahui lebih banyak tentang apa yang akan terjadi selanjutnya berkaitan erat dengan hidup dan mati penduduk yang tinggal di wilayah rentan gempa.Sama seperti gempa utama, gempa susulan pun bisa menyebabkan cedera, kematian, kerusakan bangunan, dan mempersulit upaya penyelamatan.

Kecerdasan buatan yang disebut neural network diperkirakan bisa memprediksi dimana gempa susulan akan terjadi setelah gempa bumi pertama.Neural network ini belajar untuk memprediksi wilayah gempa susulan dengan mempelajari distribusi tekanan yang terjadi akibat gempa awal. Pemetaan wilayah gempa susulan ini dilakukan dengan peta daerah yang sudah diberi jejaring sel tadi.Neural network ini dilatih dengan memberi data yang diambil dari contoh 131.000 pasang gempa dan gempa susulan yang muncul berikutnya. Daerah yang dilanda gempa dipetakan dalam jejaring sel (grid cell).

Model neural network ini masih berupa prototipe dan belum memperhitungkan berbagai jenis tekanan fisik lain. Sehingga, metode perkiraan gempa ini masih belum bisa digunakan dalam waktu dekat. Meski demikian pengembangan metode ini terus berlanjut dan diharapkan bisa digunakan oleh para pengamat gempa dan tim penyelamat.


Komentar

Postingan Populer